Rangkuman ilmu kenari

Box Ternak

Kandang gantung .. umumnya terbuat dari kayu om.. (bambu)… ukurannya sih yg biasa aja boleh 30×30 atau ada jg yang 25 x 35.. itu buat harga yang saya asumsikan.. dengan kondisi kandang bahan & kalau rajin bisa dicet sendiri om.. tp kalau buat ukuran kenari besar sebaiknya kandang ukuran 35×55..

box ternak maksudnya kandang ternak om.. biasannya ukuran 40×60 terbuat dari multiplex dengan jari-jari depan pakai jari-jari sepedah.. biasanya dibandung sekitar 110-160 rb, kalau tempat sarang saya bilang ‘kotak sarang’,..

Telur

Dari sedikit pengalaman sy masalah kenari mengeram adalah semakin besar ukuran tubuhnya semakin gak bagus mengeram & mengasuh anakannya (tapi gak semuanya).

- Dalam hal mengeram, biasanya indukan yang besar spt YS, LS, F3 YS, F2 YS, dll sangat betah didalam sarang, bahkan kita mengambil telurnya aja sang indukan gak pergi dari sarang. Hal ini pernah sy alami pd betina YS, LS, F1 YS. Karena betahnya berada disarang bisa mengakibatkan telur terlalu panas, dan akhirnya juga gak menetas walaupun telurnya isi (anakan mati dalam telur). Dalam hal ini bisa diatasi dengan tempat sarangnya diberikan rongga udara yang banyak biar ada sirkulasi udaranya mengurangi panas. Atau pake tempat sarang yang dari anyaman rotan itu juga bagus.

- Dalam hal mengasuh anak. Karena betahnya mengeram dan jarang sekali turun dari sarang untuk makan & minum biasanya telur yang menatas anakannya jadi susah bergerak dan bisa juga terinjak-injak, apalagi yang menetas lebih dari satu. Selain itu jarangnya meninggalkan sarang secara otomatis anakannya jadi jarang diberikan makan, akhirnya juga mati kalau gak tertolong.

Dari kedua permasalahan tersebut solusinya adalah :

- Menggunakan kenari babuan yang bertelur dengan jarak waktu yang hampir sama, Jangan terlalu jauh waktunya antara telur kenari babuan & telur kenari yang kita inginkan.

- Kita sendiri sebagai peternak harus siap meloloh anakannya ketika menetas selang beberapa hari. Siap gak siap harus dilakukan karena memang bagian dari resiko dalam beternak, berkorban waktu dan tenaga. Tapi kalau bisa berhasil pasti bisa merasakan kepuasan tersendiri.
Kenari babuan. Belum tentu semua kenari bagus untuk dijadikan babuan, yang harus dijadikan babuan jika memang sudah beberapa kali menetas dan bisa mengasuh anaknya dengan baik. Kalau cuma mengeram sampai menetas itu banyak betina yang bisa, cuma mengasuhnya itu yang gak semuanya bagus. Rata-rata kenari babuan yang dipakai peternak umurnya dah tua karena dah berpengalaman, tapi ini kata temen-temen sy lho Om bukan sy karena sy jarang sekali pake kenari babuan.

Cara menaruh telur pada kenari babuan itu malam hari aja Om. Sebelum telur kita ambil Kita berikan EF yang baru/fresh (buah, sayur), setelah betinanya kita usir perlahan-lahan dari sarang maka telur kita gantikan. Setelah itu biasanya sang betina menikmati makanan yang baru kita kasihkan, ketika selesai makan kembali ke sarangnya dan mengerami kembali telur2 yang dah kita ganti tanpa curiga. Intinya sedikit mengelabui burungnya dengan memberikan makanan yang enak-enak dulu biar terlupakan sejenak dengan apa yang telah kita lakukan.

apakah nantinya tidak akan mempengaruhi proses pengeraman kl sewaktu memindahnya, telur tersebut kita pegang secara langsung ataukah tangan kita harus pake sarung tangan terlebih dahulu sebelum mengambil telurnya! 

Alhamdulillah selama ini belum pernah kejadian induk gak mau ngeram lagi karena telurnya abis kita pegang. Cuma pada waktu pegang hendaknya hati-hati & pelan. Dan kalau bisa pada waktu malam saja biar lebih tenang.

di teropong ini maksudnya kayak ngecek telor pada umumnya itu kan om ? agak bingung kok yg d angkat kotak sarang nya, mohon pencerahan oom

betul Om di cek telurnya.. eeemmm.. klo memang bisa cek telur tanpa angkat kotak sarang lebih bagus lagi Om.. dari pada bingung, lebih baik coba aja.. ngga apa2 koq.. pasti aman.

apa kalo d ganggu masih mau angkrem oom ? soalnya d rumah juga ada yg angkrem, tgl 9 telur pertamanya. 

sekalian share ya…. kalo saya malah ga pernah d satuin indukannya, cuma tiap pagi ma sore aja d satuin sambil puter mp3 kenari (secara yg gacor malah betinanya, yg jantan indikasi mabung jd bisu ), langsung deh kimpoi  stlh itu adu fisik  makanya tak pisah, tp kok ya kemarin tak tengok udah 2 telornya  moga bisa sampe netas deh.
perawatan cuma ganti sayuran, seed, minum tiap hari

klo diganggunya sekedar kotak sarang diambil sebentar buat di teropong sich.. ngga masalah Om.. malah kadang ada betina yg ngeremnya paten, walaupun kotak sarang diangkat.. doi tetep jongkok.. nah klo gitu singkirin aja dl betinanya, ngga masalah koq..
ntar klo kotak sarangnya dah dibalikin.. doi pasti back to kotak sarang & jongkok lagi..

kayaknya kenari sy mengeramnya lebih dr 2 minggu ,apakah ini pertanda kosong ya??tp kok msh dieram terus ya??

Lebih dari 2 minggu kasih tambahan 3-4 hari, kalo gak netas berarti gak jadi. Kalo mengeram terus emang gitu Om, telor kalo gak dibuang ya tetep aja ngeram.

ikutan ngbrol yah..
kalo saya biasanya telor di cek dari umur 8 hari dari tanggal keluar telor pertama.. kalo telor diterawang masih polos (kelihatan kuning telurnya) berarti telur itu gagal/tidak dibuahi.. -> lebih baik di buang saja agar si induk bisa disiapkan untuk dijodohkan lagi..

kenapa kenari saya gak pernah netas padahal rajin

Kenarinya dikawinkan apa ndak? Kalo dikawinkan tapi gak pernah netas, coba kasih aja metabolisme seperti produknya drh. Edi. Kemudian coba pakannya kasih yang lebih baik lagi terutama EF harus teratur

kira2 berapa lama ya om menetasnya dari masa mengeramnya kebetulan sy punya pasangan kenari bertelur tp sdh 1 bulan ini blm netas…

Menetasnya telor 14 hari mulai dari telor keluar.

selain sayuran dan buah apakah harus ditambah vitamin2 tertentu?

Vitamin boleh aja, beli aja yg dijual di pasaran, biasanya saya kasih super breeding.

saya punya sepasang kenari sekarang sedang bertelur, cuma saya masih bingung cara perawatannya, tolong dunk om pencerahannya

Perawatan biasa aja om, daun sawi tiap hari wajib diselingin buah apel, itu aja kok Om, nah kalau sudah netas ditambah deh 1/2 butir telur ayam rebus setiap hari, utk menu lolohan anaknya,

Yang pertama saya lakukan kalau kenari sudah bertelur adalah memisahkan/mengeluarkan induk jantannya dari kandang ternak. Pengalamn menunjukkan bahwa jika si jantan tidak dipisahkan, maka apabila anaknya telah menetas, maka anaknya akan mati lemas karena si jantan selalu menyuapi induk betina dan induk betina malas untuk keluar dari sarang.

telornya baru 1 biji apakah jantannya mesti dipisah. ntar kalo dipisah takutnya gak nelor lagi?

Menurut saya, jantan sudah tidak lagi berfungsi karena begitu telur pertama keluar maka sudah tidak lagi terjadi perkawinan. namun kalau Om ragu-ragu karena sifat burung amat sangat beragam, maka biarkan saja si jantan berada disana sampai telurnya berjumlah 3 (tiga) butir dan si betina sudah jarang keluar sarang.

Kl telur yg keluar cangkangnya lunak atau tipis gimana mengatasinya?
Padahal sudah saya sediakan sotong dan grit plus mineral dalam air minumnya.
Udah berulang kedua kalinya (dua periode).

Hal itu terjadi mungkin karena metabolisme dalam tubuh kurang bagus
& zat dalam tubuh untuk penyerapan gizi juga sangat kurang.
Coba aja dikasih vitamin yang menunjang

coba nambahin aja Om..
mungkin penjemurannya kurang
karena kalsium tidak bisa diserap oleh tubuh secara otomatis
tapi harus ada bantuan sinar matahari

kalo biar netas bisa barengan caranya gimana Om AnAn?
sempat netas selang 2 hari dari telur pertama, anaknya dibuang ama induknya

tiap kali bertelur diambil dan ditempatkan ditempat yang aman sampai telur yang terakhir keluar baru dijadikan 1 lagi. Biasanya tiap kali telur diambil diganti dengan telur lain yang tidak jadi. Cuma cara ini agak beresiko jika belum sering mencobanya. Jadi jika ada telur kenari yang tidak jadi jangan dibuang dulu, disimpan aja mungkin nantinya bisa dijadikan pengganti telur yang diambil itu. Kalau diluar negeri penggantinya telur buatan dan sudah banyak dijual.

Penyakit

Kalo kaki kena gigitan nyamuk,
baiknya dikasi salep 88 atau minyak tawon om??
kira2 3 hari yg lalu KN saya digigit nyamuk…terus saya oles pake minyak tawon, tapi kok kayaknya bengkaknya tambah gede ya om ?? mungkin gatal ya…terus digigiti jadi kayak berdarah tapi udah kering

Salep 88 itu untuk jamur Om, lebih baik minyak tawon saja. Coba Om Pake salep Chloramfecort-h Cream yang dijual di Apotik, lumayan manjur harganya pun juga murah. Mengoleskannya tipis secara merata disaat malam saja

Mohon petunjuk kira2 obat yang mujarab untuk KN yg terkena sakit pernafasan. klo kiranya menyebut merk di forum ini kurang etis. mohon saya di PM aja. terimakasih. musim pancaroba 4 KN saya sakit serupa

Untuk penyakit nafas sebenarnya yang paling manjur menurut saya Bogena “Anti-Windpipe Mite”, cuma saat ini dimana-mana lagi kosong. Pake obatnya drh. Edy itu juga ada Nafas 1 & 2.

Tadi pagi kok sepertinya KN-ku kadang kadang bersin bersin cuman nafsu makannya ( sayur dan biji bijian ) rakus banget…..kalo menurut para sesepuh KN, Kenariku itu termasuk flu berat apa tidak ( kalo malem gak sampe ngorok, karena saya ronda tiap 2 jam sekali ), tingkahnya gesit…kalo misal menurut sesepuh KN, kenari saya termasuk sakit flu kira kira obatnya apa ya..kalo bisa nama obatnya jangan di sensor…maklum newbie di dunia KN

obat aja kasih obatnya drh. Edy “Anti Serak” yang diteteskan di tengkuk. Fungsinya untuk penyakit-penyakit seperti yang anda sebutkan diatas.

Kalo kutu gara-gara anak burung yg netes harus digimanain yah om..? soalnya sempet sampe anakannya mati karena kutunnya banyak sekali.. 

* Kutu pada anak burung yang baru netas disebabkan karena kutu berasal dari kandang, sarang dan induknya sendiri. Alangkah baiknya jika tiap kali setelah selesai proses meloloh, sarang burung diganti baru, tempatnya dicuci bersih. Kandang & indukan disemprot pake obat kutu

Mohon bantuannya nih Om dan Pakde sekalian. Gimana ya cara basmi kutu yg ampuh saat indukan dalam keadaan mengeram / merawat piyikan? Klo misalnya utk indukan yg sedang merawat piyikan,mau saya jemur kurang lebih stengah jam. Atau bagaimana cara baiknya?

Untuk Kenari yang mengeram, taburkan sedikit di sarang dan lantai sangkar.
Untuk burung normal, campurkan bubuk Kututox-S pada air dan semprot gunakan sprayer.

Kututox-S sangat aman untuk burung dan tidak mengandung racun serta tidak mengakibatkan iritasi pada kulit burung

* Pengalaman saya membasmi pada kutu kacer adalah cukup meyemprotkan Tot*l (1 tutup botolnya) + Tum* dari B*R (1 tutup botol) yg dicampurkan ke air 1 liter. Saya lakukan 2x 1hari p/s, kurang dari 1 minggu bulu2 kacer jadi mengkilap bersih dari kutu.

Warna

Selain karena harga, apa keunggulan dari betina putih yaa Om Cece? apakah komposisi warna yg dihasilkan bisa lebih bagus? atau…….?

menurut sy sich.. keunggulannya hanya dari warna saja.. warna putih or kombinasinya untuk saat ini masih belum terlalu banyak, jadi otomatis berpengaruh ke harga.. kalau keunggulan lainnya saya kurang paham Om.. mungkin rekan lain bisa bantu ??

Perjodohan

Sistim poligami, apakah yang jantan bisa langsung dikawinkan langsung ke betina kedua?  frekuensi seberapa sering?  seminggu 3x?  (anggap betina ready)

bisa langsung.. sesuaikan dengan kondisi burungnya.. kalau jantannya fit, dalam sehari bisa dikawinkan dengan 3 betina berbeda.. mis : pagi dengan betina A, siang dengan betina B, sore dengan betina C. setiap hari diulang dengan pola yg sama sampai semua betina bertelur..

Apakah selama proses penjodohan dan seterusnya sampai menetas, burung tidak perlu kena sinar matahari (dijemur)?

kalau tempat ternak saya kebetulan di luar ruangan om.. (tempat jemuran baju) jadi tiap hari pasti ada matahari yg masuk ke kandang ternak.. hehe..
tp kl di dalam ruangan.. biasannya jantan setiap pagi saya jemur keluar.. (ditangkep aja dari box ternak).. buat dijemur .. kira2 30 menit.. atau tergantung panas mataharinnya.. tujuannya agar jantan tetap segar, birahi & bisa dikawinkan dengan betina selanjutnya.. setelah betina pertama selesai bertelur..
kalau yg betina .. ga perlu dijemur om.. sampai anaknnya umur 15 hari.. (itu juga kalau box bisa dipindah keluar).. kalau box nya tidak bisa dipindah.. jemur mulai dilakukan saat anak berumur 20 hari (sudah bisa diem di tangkringan)… sehingga baik induk maupun anaknnya dapat dijemur secara bersamaan.. tapi ingat jangan terlalu lama.. nanti keriiingg kaya jemuran..

Om cece bagaimana kalo yang jantan F1 atau lokal dan betina YS kira2 keturunannya bagus nggak om karena sy punya KN jantan lumayan bagus hanya tidak tahu jenis F1 atau lokal.

jantan lokal X YS betina = bagus juga Om.. malah dalah segi postur/size ntar (biasanya) anakannya jadi lebih besar dibanding klo YS jantan X betina lokal.. karena semenjak dari telur sizenya pasti lebih besar kalo betinanya YS.

Trims om bttioe, selain sayuran dan buah apakah harus ditambah vitamin2 tertentu?

Vitamin boleh aja, beli aja yg dijual di pasaran, biasanya saya kasih super breeding. Thk’s.

Khusus kenari jantan yg kosong, sebaiknya dirawat dgn rutin..telur putuh tiap 2 hari sekali. jemur rutin dan kalo perlu kasih vitamin Canary post.
selama mencoba.

Pengeraman

Kalau menetas selang 2 hari anakannya dibuang mungkin karakter indukannya yang kurang bagus, bisa juga baru menetaskan anakan pertama kali.

Klo misalnya utk indukan yg sedang merawat piyikan,mau saya jemur kurang lebih stengah jam. Atau bagaimana cara baiknya?

Sekedar masukan Om, kalo sedang mengeram ato meloloh piyik lebih baik biarkan dulu saja dan biasanya tidak masalah. Menjemurnya kalo piyik dah berbulu penuh, tapi cukup 10-15 menit aja. Kalo pas mengeram jangan sekali kali menjemur, telurnya pasti gak jadi om.

halo om anan..mau nanya nih,kalo kandang ternaknya kena matahari dikit gpp ya??ato hrs tdk boleh kena matahari sama sekali pas mengeram??

Waktu mengeram kalo bisa jangan kena sinar matahari secara langsung, tapi kalo pantulan gak apa2 tapi jangan terlalu dekat. Kalo terkena sinar matahari telurnya bisa2 gak jadi om..

Piyik

Bagaimana makanan yang baik untuk indukan agar baby cepat besar dan bisa berjalan sendiri ?

untuk makanan :
- biji-bijian dah pasti
- makanan yang mudah di cerna oleh anakan KN adalah kuning telur
- sayuran juga merupakan makanan yang dibutuhkan ini untuk si induk dan anakan, ada beberapa peternak yang bilang akan membuat si anakan menjadi mencret. pengalaman ane ternyata tidak … biasanya sayuran yang ane kasih daun sawi hijau/putih, daun selada dan brokoli.
- buah juga tidak ketinggalan seperti apel dan pir, ini di berikan bergantian dengan daun yang disebutkan di atas setiap harinya.
- dan ane membiasakan memberikan biskuit yang sudah di haluskan(bubuk biskuit), ini sangat membantu untuk stamina si induk dan anaknya.

untuk minuman :
- ane memberikannya cairan vitamin kedalam minumannya … untuk merknya coba cari di pasar burung untuk vitamin ini banyak kok ….cari yang dibutuhkan aja untuk keduanya(induk dan anaknya)

Telur puyuhnya dikasih berapa hari sekali dan berapa banyaknya dan sampai umur berapa?

untuk telur Puyuh ane selalu melihat jumlah anakan yang dilolonya
- anakan 1 ekor = 2 tlur puyuh, pagi jam 6 (1 buah di belah menjadi 2) sore jam 3 (1 buah di belah menjadi 2 juga)
- anakan 2 ekor = 2 tlur puyuh, pagi jam 6 (1 buah di belah menjadi 2) sore jam 3 (1 buah di belah menjadi 2 juga)
- anakan 3 – 4 ekor = 3 telur puyuh, pagi 2 buah sore 1 buah dengan jam yang sama.

alasan kenapa kok jam nya ditentukan, menurut pengamatan ane biasanya pada jam 5 pagi si indukan sudah turun dari sarang mencari asupan makanan untuk si bayi, kok gak di kasih jam 5 aja hehehehe ane kan sudah menyiapkan bubuk biskuit untuk menggantikan sementara sampai jam 6 makanya bubuk biskuit ini ane tidak pernah habis jaga2 jika tidak ada makanan yang mudah di cernah oleh si bayi.
dan pada jam 11 siang kuning telur puyuh itu biasanya sudah habis dan si induk memberikan sayuran atau buah yang telah disediakan.
pada jam 3 itu waktu yang tepat untuk si bayi mendapatkan kuning telur kembali sampai malam harinya ….. menunggu esok harinya ….
ada beberapa indukan pada malam hari yang turun dari sarangnya mencari asupan untuk bayinya maka bubuk biskuit sangat membantu.

Sampai kapan telur puyuh ini kita berikan ke anakan KN ?

ane perna dapat masukan dari teman KM’ers breder dari solo Om Derick
kuning telur di berikan ke anakan sampai 5-6 bulan, kenapa ? karena fostur si anak akan tetap berkembang selama 6 bulan jadi untuk memaximalkan fostur si anakan telur puyuh di berikan selama 6 bulan. setelah 6 bulan itulah fostur terakhir si anakanan.
perlu dingat juga memberikan telur puyuh yang berlebihan akan mengakibatkan birahi pada si induk ….. yang akan berakibat fatal kalau sifat si betina yang meninggalkan bayinya….
untuk umur si anakkan bisa terlihat perkembangannya setiap harinya …
kenapa si jantan tidak ane cabut menurut ane si anak perlu mendapatkan asupan dari si jantan kebetulan KN jantannya mau meloloi anaknya, ane melihat breder dari negeri seberang loh hehehehe
selain itu juga jaga2 kalau si induk sama2 birahi jadi bisa terlaksana perkawinan yang di harapkan, pada umumnya si betina kira2 sebulan sudah bertelur kembali . inipun sudah ane lakukan sampai 4 periode ternyata pas di periode ke 4 telur tidak ada yang jadi alias kosong.
jadi ada pelajaran yg ane dapat, yaitu tidak baik kalau si jantan dan betina di gabung sampai lebih dari 2-3 periode.

1.Pakan Kenari Untuk Burung Dewasa (4 bulan keatas)
- Pakan : Bijian pada umumnya
- Vitamin : Tiap hari baik, diberi jeda juga gak masalah, asalkan sesuai dosisnya dan burung dalam kondisi sehat.
- EF : Sayur/buah/telur, lebih bagus diselang-seling tiap hari.

2.Pakan Kenari Untuk Burung Masa Birahi (menjelang akan di kawinkan)
- Pakan : Bijian pada umumnya ditambah sedikit nigerseed + Asinan (untuk kalsium)
- Vitamin : khusus untuk breeding / untuk kesuburan dan diberikan tiap hari.
- EF : Sayur/buah bergantian tiap hari, sedangkan telur harus tiap hari
Diberikan pada : Jantan & betina

3.Pakan Untuk Induk kenari Pada masa mengeram
- Pakan : Bijian pada umumnya + Asinan (untuk kalsium)
- Vitamin : khusus untuk breeding / Multivitamin lain tiap hari
- EF : Sayur/buah bergantian tiap hari

4.Pakan Untuk Induk yang Meloloh Piyik
- Pakan : Bijian pada umumnya + Asinan (untuk kalsium)
- Vitamin : khusus untuk breeding diberikan tiap hari.
- EF : Sayur/buah, telur harus tiap hari

5.Pakan Untuk anakan Umur 1-2 bulan
- Pakan : Bijian pada umumnya + Asinan (untuk kalsium)
- Vitamin : khusus untuk breeding / pertumbuhan, tiap hari
- EF : Sayur/buah, telur harus tiap hari

6.Pakan Kenari Untuk Burung Pada waktu sakit …(Berat/Ringan)
- Pakan : Bijian pada umumnya + Ditambah nigerseed (mengandung asam amino, bagus untuk penyerapan makanan)
- Obat : disesuaikan dengan sakitnya
- EF : buah
Keterangan diatas tidak harus persis, semua tergantung perawatnya dan menyesuaikan karakter burungnya. Dan pengalaman tiap orang/peternak juga tidak semuanya sama. Silahkan rekan-rekan yang lain membantu menambahkan ataupun memberikan pola rawatannya.

Hands Fidding

kenapa diloloh sendiri om..induknnya ga ada..?

kalau loloh sendiri yg saya tau pakai tepung bayi dicampur kuning telur yg diancurin sampai lembut.. campur air sedikit.. terus di sepet pakai bekas suntikan.. yang kepalannya disampung karet pentil sepeda..

Ring

maaf cuma mau kasih tahu pengalaman aja…..ane masukin sekitar umur 5-7 hari. cara masukinnya :

- jika mau masukan sendiri siapkan meja atau bangku dan di alaskan dengan bahan yang lembut.(seperti kain atau sejenisnya, soalnya pasti anakan e’e hehehe dan lembut buat anakan).
letakan anakan disana dan pilih salah satu kaki yang akan di masukan ring.
- jari di depan di masukan duluan
- jari yang belakang berbarengan dengan kakinya, sampai jarinya benar2 masuk kedalam ring lalu jarinya keluar dari ring dan ring berada di batang kakinya.
- setelah masuk terlihat ring sangat besar dari batang kakinya. itu karena batang kakinya masih pendek dan akan memanjang sendiri.
- pastikan keesokan harinya apakah ring masih berada di dalam kakinya, terkadang ring bisa terlepas dari kakinya karena masih kekecilan.
- gunakan ring khusus kenari
- liat tulisannya jangan sampai terbalik(pengalaman ane ada yg terbalik hehehe)
perlu dingat untuk umur kenari ada yng 4 hari burung sudah besar jadi sudah bisa di masukan ringnya……biasanya ini untuk anakan dengan keturunan besar…..
pengalaman ane umur 7 hari sudah pas untuk dimasukan ringnya….

Ikut ngasih tambahan dikit aja om.. 

kl pengalaman saya.. pemasangan ring sebenernya tergantung juga dari ukuran anak kenari..
kl buat ukuran lokal sih lebih baik 8-9 hari saja supaya pasti ga lepas lagi ..
kl buat ukuran yg F1 baiknya 8 hari masih bisa..
kl buat ukuran F2.. maksimal di 9 hari ..
yg perlu diperhatikan lagi kwalitas dari cincin nya itu sendiri om..
kadang ada yg dijual di pasar burung (tanpa bermaksud menjelekan).. kwalitasn cincinnya terkadang ada yg berat.. dan beresiko berkarat..

Trah

Kenapa harga anak F1 ys lebih mahal dari F2 ys ? bukankankah :
YS x YS = anak F1 ?
F1 x F1 = anak F2 ?
harusnya secara genetik YS masih kuat yang anak F1 dibanding anak F2 ? atau saya salah difinisi F1 dan F2 ?

yg saya maksud disini (munurut istilah umum yg sering dipakai oleh rekan2… mungkin masing2 orang atau daerah bisa berbeda) :
F1 = YS x lokal —- F2 = YS x F1YS —- F3 = YS x F2YS —- YS = YS x YS..

Mabung

Om-om pakar kenari yang baek hati….
mohon pencerahan nih….
barusan dapet kenari sekitar +/- 2 mingguan.
dapetnya dalam kondisi mabung. tapi tetep rajin bunyi, tapi agak tipis.
info sang penjual umurnya seh gak terlalu tua….tapi pasnya umur berapa dia ga tahu. 
mohon infonya APAKAH INI BENAR MABUNG ATO EMANG BURUNG TERLALU TUA ??

ane dah pernah coba untuk ambrolin kenari sesuai arahan om Arkum
untuk mengambrolkan kenari, om kasih aja jagung muda yang kecil-kecil biasa untuk masak capcay, kalo orang jawa sebutnya “putren”… ini ternyata berhasil om. begitu makan putren, bulunya langsung ambrol… setelah ambrol banyak, putren ane stop, dan waktunya dikasih telur puyuh yang agak banyak biar bulunya tumbuh bagus, kadang kala ane kasih kroto yang putihnya aje dan ditetesi minyak ikan krotonya.

Ane Punya Kenari warna sunkist, habis mabung skrng udah 2 bulan 
Sehabis mabung tapi kok masih sangat jarang bunyi, trus kalo bunyi sendat sendat gak kencang kayak dulu (ciiiit… ciiit… ciiit criiit….. paling gitu stop), sering diem di tangkringan! perawatan tetap sama kok ef juga!

saran saya coba pakai metabolisme.. banyak tersedia di PB.. semoga cepat gacor lagi mungkin ada yg salah waktu tretment mabungnya yg menyebabkan KN lambat untuk kembali ke top form nya..

Peternak

Lokasi: Gresik, Jawa Timur, Indonesia
Alamat: Jln Deandles Km 23 Gresik Jawa Timur
Tanggal Terpasang: April 22
Telepon: 081515724187

Jual Ayam Serama Mulai Umur 1 Minggu – 1 Tahun, Harga Mulai 150rb – 1,5Jt
Jual Bakalan Burung Kenari Harga Mulai 60rb – 500rb
Barang bisa d antar, khusus luar jawa pembelian min. 5 ekor
Barang ada jaminan Sesuai dengan pesanan.

Lokasi: Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Alamat: Bukit Palma A1 no 45 citraraya kelurahan kendung kecamatan benowo
Lingkungan: benowo
Tanggal Terpasang: April 21
Telepon: 081331484989

Bosan punya kenari biasa ? Mahasura Kenari Jambul, jual khusus kenari jambul indukan dan bakalan, harga nego berminat
hubungi 081331484989. choliq alamat Bukit Palma A1 no 45 citraraya kelurahan kendung kecamatan benowo surabaya barat

Jual kenari anakan lokal harga ter murah

kuning polos   = 100.000
putih polos     =  125.000
bond kuning   =  85.000
NB : maaf gan untk putih polos ada kenaikan jadi Rp 125.000
bisa kirim luar propinsi min 20 ekor
luar kota min. 10 ekor
lebih jelasnya tlp aja :
031-33559868
08883032054
087854686256
lokasi : jl. gayung kebonsari dalam 12a (daerah masjjid Agung)

Achmad Syafii
081938131443
082141143348
Perum. Taman Pondok Indah blok H – 3
Surabaya 60228, Jawa Timur

Menjua kenari : lokal ( kuning, sunkist, putih) AF
mulai dari anakan – indukan


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.